Profil

Akademi Sekretari Budi Luhur: Peringkat Akreditasi A (Istimewa/Baik Sekali) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dinobatkan juga sebagai Perguruan Tinggi Swasta Unggulan di DKI Jakarta dan pemenang Akademi terbaik berbasis ICT di Indonesia dalam Kompetisi TesCA Indonesia 2013.

Cerdas berbudi luhur adalah dua hal yang tak terpisahkan. Kecerdasan tanpa dilandasi budi luhur akan cenderung digunakan untuk membodohi dan mencelakakan orang lain, sebaliknya budi luhur tanpa diimbangi kecerdasan akan merupakan sasaran kejahatan dan penindasan orang lain
(Drs Djaetun HS, Pendiri Yayasan Pendidikan Budi Luhur)

Sejarah Akademi Sekretari Budi Luhur

Dilandasi keinginan luhur untuk menghasilkan tenaga sekretaris yang trampil, berwawasan global, cerdas dan berbudi luhur, pada tahun 1993 pendiri Yayasan Pendidikan Budi Luhur, Drs Djaetun HS mendirikan Akademi Sekretari Budi Luhur.Kampus Budi Luhur yang sejak 1979 dikenal sebagai icon pionir pendidikan IT tertua di Indonesia, memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk menunjang proses pendidikan yang melahirkan tenaga profesional di bidang Kesekretarisan. Bermula dari perolehan status “Terdaftar” pada tahun 1993 SK No.98/D/0/1993, pada tahun 1995 Akademi Sekretari Budi Luhur memperoleh status “Diakui” dengan SK No.501/DIKTI/Kep/1995. Selanjutnya, status “Disamakan” diperoleh berdasarkan SK No.129/DIKTI/Kep/1999. Dengan kemajuan kemajuan yang dicapai oleh Akademi Sekretari Budi Luhur,maka pada tahun 2002 Akademi Sekretari Budi Luhur kembali diberi kepercayaan oleh pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan memperoleh status terakreditasi sesuai SK No.001/BAN-PT/AK-I/Dpl/III/2002 dan diperbarui dengan SK Nomor: 011/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-III/X/2007.

Saat ini, status Akreditasi Program Studi Sekretari dari Akademi Sekretari Budi Luhur adalah  Peringkat A (Istimewa/Baik sekali) sesuai SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 190/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dpl-III/IX/2013. Status Akreditasi berlaku hingga 21 September 2018 (download SK terkait)

Akademi Sekretari Budi Luhur juga dianugerahi penghargaan sebagai PERGURUAN TINGGI SWASTA UNGGULAN oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III Jakarta pada Desember 2012.

 

Akademi Sekretari Budi Luhur pada tahun 2013 juga dinobatkan sebagai kampus cerdas yang menerapkan ICT (Information Communication Technology) dalam proses pendidikannya. Penghargaan itu diraih melalui kompetisi nasional yang bernama TeSCa (Telkom Smart Campuss) 2013 yang diikuti oleh 551 perguruan tinggi Indonesia, terdiri dari 59 perguruan tinggi negeri dan 492 perguruan tinggi swata, meliputi semua jenis perguruan tinggi negeri, yaitu akademi (99 kampus), institusi (29 kampus), politeknik (45 kampus), sekolah tinggi  (201 kampus), dan universitas (177 kampus) yang tersebar pada 26 provinsi.

tesca

Visi, Misi & Tujuan Akademi Sekretari Budi Luhur

Visi :

Menjadi lembaga pendidikan tinggi kesekretarisan terunggul di Indonesia dengan lulusan yang cerdas dan berbudi luhur.

Misi :

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas cerda berbudi luhur yanng memiliki kompetensi utama berupa penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menyelesaikan tugas –tugas kesekretarisan secara profesional.
  2. Menjalin kerjasama kelembagaan yang saling menguntungkan di tingkat Nasional dan Internasional
  3. Memperkenalkan aspek dan lingkungan dunia kerja kesekretarisan secara intensif dan praktis, sedini mungkin.

Tujuan :

Menempatkan lulusan-lulusan di berbagai institusi /organisasi/badan usaha dengan karakter etos kerja yang profesional, kreatif dan inovatif dengan kompetensi sebagai berikut :

  1. Mampu menerapkan nilai-nilai kebudiluhuran di masyarakat
  2. Mampu menyelesaikan tugas kesekretarisan dengan berbantukan teknologi informasi dan komunikasi
  3. Mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris yang berstandar internasional

 

Pimpinan Akademi

  • Direktur                    : Fenti Sofiani, S.Pd., M.M
  • Ka. Program Studi  : Reni Hariyani, S.E., M.Akt

Pejabat Struktural

  • Ka. Laboratorium: Lis Suryadi, M.Kom (lis.suryadi@budiluhur.ac.id)
  • Ka. Bagian Penjaminan Mutu : Iis Torisa Utami, S.E., M.M. (iis.torisautami@budiluhur.ac.id)
  • Ka. Bagian Layanan Riset dan PkM : Achmad Syarif, S.T., M.Kom (achmad.syarif@budiluhur.ac.id)

[multilanguage_switcher]