Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Akademi Sekretari Budi Luhur Semester Genap T.A. 2018/2019

Salam Budi Luhur..!!

Seminar dan Lokakarya (Semiloka) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Akademi Sekretari Budi Luhur untuk para mahasiswa yang mengambil matakuliah Magang dan Tugas Akhir. Pada Semiloka Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 di Ruang Teater Universitas Budi Luhur dengan mengusung tema “Sekretaris dan Etiket Keprotokoleran dalam Pekerjaan”. Pembicara pada semiloka kali ini adalah Ibu Dr. Kartini Istikomah, S.E., M.M selaku Praktisi dan Dosen Universitas Budi Luhur yang punya banyak pengalaman kerja di berbagai instansi pemerintah seperti kementerian dan ombudsman. Peserta pada semiloka kali ini sebanyak 42 orang (mahasiswa angkatan 2016 dan 2015) yang akan melaksanakan sidang Tugas Akhir mulai tanggal 15 – 19 Juli 2019.

Sebelum acara dimulai, para peserta dihibur oleh Paduan Suara Akademi Sekretari Budi Luhur yang menyanyikan dua buah lagu. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Budi Luhur oleh para hadirin, kemudian acara dibuka oleh Nadya Rachmadilla Putri (mahasiswa angkatan 2018) selaku Pembawa Acara (MC). Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ibu Iis Torisa Utami, S.E., M.M. selaku ketua panitia, sambutan oleh Ibu Fenti Sofiani, S.Pd., M.M. selaku Direktur Akademi Sekretari Budi Luhur, sambutan oleh Bapak Dr. Ir. Wendi Usino, M.M., M.Sc. selaku Plt. Rektor Universitas Budi Luhur. Acara ini turut dihadiri oleh Bapak AMB Sunten Z Manurung, S.H selaku Direktur Kerja Sama Universitas Budi Luhur, seluruh dosen dan staf Akademi Sekretari Budi Luhur.

     

Inti acara pada semiloka kali ini adalah penyampaian materi oleh pembicara yaitu Ibu Dr. Kartini Istikomah, S.E., M.M., dengan membagi banyak pengalaman bekerja di instansi pemerintahan terutama terkait dengan birokrasi dan keprotokoleran. Sebagai mahasiswa yang akan bekerja nanti, para peserta mendapatkan banyak tambahan wawasan dari apa yang disampaikan oleh pembicara. Seorang sekretaris dalam bekerja harus mampu menempatkan diri sesuai hak dan kewajibannya, bekerja secara total dengan penuh rasa tanggung jawab, disiplin, dan berorientasi pada pelayanan. Di akhir penyampaian materi, Ibu Kartini menambahkan bahwa sebagai mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur dalam bekerja nanti harus mampu menerapakan nilai-nilai kebudiluhuran yang telah dipelajari selama kuliah. Setelah sesi penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, ada 5 orang peserta yang bertanya terkait dengan materi yang disampaikan maupun pengalaman yang didapatkan selama mereka magang. Sesi ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Dr. Kartini Istikomah, S.E., M.M oleh Ibu Fenti Sofiani, S.Pd., M.M dan foto bersama dengan semua yang hadir dalam acara ini.

         

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ibu Fenti Sofiani, S.Pd., M.M. tentang persiapan wawancara kerja. Ibu Fenti banyak menyampaikan hal-hal yang harus disiapkan sebelum wawancara kerja sebagai bekal kepada mahasiswa dalam wawancara kerja nanti.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi studi lanjut Strata Satu (S1) dari Tim Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur yang diwakili oleh Bapak Doddy Wihardi, S.I.P., M.I.Kom selaku Kepala Konsentrasi Public Relations dan Ibu Wenny Maya A, M.Si selaku Ketua Program Studi Komunikasi Pariwisata. Pada sesi ini disampaikan hal-hal tentang studi lanjut dari Akademi Sekretari Budi Luhur (Program Studi Sekretari) ke Program Studi Komunikasi Pariwisata atau Program Studi Ilmu Komunikasi (Konsentrasi Public Relations) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur seperti bagaimana proses perkuliahan yang akan dilakukan, berapa banyak matakuliah yang dapat dikonversi dan yang akan diambil, dan berapa semester yang harus ditempuh untuk menyelesaikan studi.

Setelah sesi sosialisasi studi lanjut selesai, rangkaian acara ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Rizky Eka Prasetya, M.Hum. dan ditutup oleh Pembawa Acara (MC). Semoga acara semiloka tahun ini bermanfaat bagi seluruh peserta sebagai tambahan ilmu dan wawasan mereka sehingga dapat menjadi sekretaris profesional di masa mendatang.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.